Literatur


Juara Film Terbaik Kategori Film Pendek UI Film Festival 2021 oleh Avikom Films

Avikom Films UPN “Veteran” Yogyakarta berhasil mendapatkan Juara Film Terbaik kategori Film Pendek dengan judul “Cermin Usang Tak Terbuang”  yang disutradarai oleh Christian Tulus Manalu dan diproduseri oleh Maria Uri Christina pada ajang UI Film Festival 2021.

...lebih lengkap

Belajar Public Speaking di Seminar Communication Sharing

Communicaton sharing atau disingkat Coming merupakan program kerja dari divisi Penelitian dan Pengembangan Himakom UPN “Veteran” Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal  7 Agustus 2021  dan dihadiri oleh sebanyak 60 peserta dimana berasal dari berbagai instansi universitas maupun umum. Acara ini ,ampu menghadirkan seorang narasumber sebagai pembicara di sesi 1 yaitu seorang praktisi dari Public Speaking. Zahra Noor Eriza merupakan founder dari Speaking.id. Speaking.id adalah lembaga public relation yang dibuka tahun 2018, yang menyediakan pelatihan public speaking seperti voice over. Dalam materinya, pembicara membahas mengenai bagaimana cara menumbuhkan skill public speaking dan bangun kepercayaan diri untuk para introvert. Zahra Noor Eriza menjelaskan bagaimana perbedaan dari seorang yang introvert, extrovert serta menjelaskan bagaimana jenis dari komunikasi. Saat sesi pertama ada beberapa pertanyaan mengenai bagaimana penerapan public speaking serta solusi bagi masalah yang muncul ketika seseorang melakukan public speaking.

...lebih lengkap

Polemik Kasus Korupsi Bansos Juliari Batubara dalam Basreng Advokasi #3

Kegiatan Bahas Bareng Advokasi yang ketiga telah dilaksanakan pada Selasa, 31 Agustus 2021 yang mengangkat permasalahan topik Polemik Kasus Korupsi Bansos Juliari Batubara. Narasumber dalam acara ini ialah dosen Program Studi Ilmu Komunikasi yakni Ibu Susilastuti yang menghasilkan bahasan diskusi bahwa yang namanya korupsi memang kerugian negara harus dikembalikan.  Korupsi tidak akan bisa dihilangkan namun bisa diperkecil. Solusinya dengan adanya efek jera bagi para Koruptor. Kata-kata koruptor itu diksi elitism maka orang memperlakuannya berbeda padahal dia merugikan negara dan masyarakat. Siapapun yang korupsi pastinya sudah memikirkan resikonya.  Bicara tentang korupsi kita tidak hanya bicara tentang hukum tapi juga bagaimana sikap masyarakat untuk berfikir kritis.  Sebagian anti korupsi mulai lagi menggerakkan kesadaran masyarakat tentang perlunya mengawal agar negara ini bebas dari korupsi.

...lebih lengkap

Berpikir Kritis Bersama melalui SIJABAT (Sini Belajar Debat)

Kegiatan Sini Belajar Debat (SIJABAT) telah dilaksanakan pada Sabtu, 24 Juli 2021 dengan mengangkat permasalahan topik mengenai Wacana Pelegalan Ganja di Indonesia yang direncanakan pada awal tahun 2020 oleh Pemerintah dan jumlah partisipan sebanyak 32 orang. Dibagi menjadi tiga breakout room dan tiga babak yakni babak pertama merupakan perdebatan secara umum yang diwakilkan oleh tiga pembicara dalam satu kelompok. Satu kelompok terdiri dari lima sampai enam orang, babak kedua merupakan lanjutan dari perdebatan babak pertama namun pembicaranya bisa dari seluruh anggota kelompok, kemudian babak ketiga membahas case yang disediakan yakni apabila Indonesia melegalkan ganja apakah ekonomi Indonesia akan meningkat secara signifikan atau justru sebaliknya, dalam perdebatan ini terdiri dari tiga sisi pro dan tiga sisi kontra.

...lebih lengkap

Studi Banding Himakom UNRI

Studi Banding merupakan kegiatan yang didasari dari Program Kerja divisi Eksternal Internal, Pada hari Minggu 6 Juni 2021 tepatnya pukul 12.00 – 15.30 WIB telah dilkukan Studi Banding antara Kabinet Aswattha HIMAKOM UPNVYK dan Kabinet Besthari HIMAKOM FISIP UNRI periode 2020/2021.

...lebih lengkap