Expand Your Networking



“Apa pentingnya Bidang Eksternal dan Internal di suatu organisasi?”

“Bidang Eksternal dan Internal? Bidang Luar-Dalam?”

Ketika mendengar Bidang Eksternal dan Internal, yang terbesit di pikiran, yaitu bidang ini adalah divisi hubungan masyarakat (humas). Ya, benar sekali! Bidang Eksternal dan Internal atau hubungan masyarakat menjadi suatu tonggak dalam organisasi maupun kelompok. Dikatakan sebagai tonggak suatu organisasi karena Bidang Eksternal dan Internal merupakan bidang yang mengomunikasikan antarpihak dalam organisasi dengan pihak luar untuk menjalin serta membangun suatu hubungan yang baik.

Apabila dilihat dalam suatu struktur perusahaan, posisi humas menempati posisi atas, setara dengan direktur. Walaupun untuk tugas terlihat sangat mudah, namun keberadaan humas sangat vital. Humas menjadi patokan dan pemelihara siklus komunikasi di suatu struktur tersebut, karena humas menjadi bagian yang bertugas untuk meminimalisir adanya miskomunikasi. Selain itu, humas juga bertugas meningkatkan citra baik perusahaan untuk meningkatkan nilai positif kepada publik.

Tidak hanya di suatu perusahaan ataupun lembaga dan instansi, dalam organisasi juga membutuhkan adanya humas, atau yang dikenal dengan Bidang Eksternal dan Internal. Sesuai dengan namanya, Bidang Eksternal dan Internal biasanya memiliki tugas untuk meningkatkan serta memelihara hubungan yang baik antaranggota di dalamnya. Selain itu, juga bertugas membangun, menjaga, dan meningkatkan relasi dengan pihak luar.

Meningkatkan relasi atau networking akan memberikan dampak baik terhadap suatu organisasi. Apabila organisasi tersebut semakin melebarkan sayapnya untuk terus meningkatkan relasi, maka akan berdampak pula pada nama organisasi tersebut yang menjadi tidak asing lagi di mmata publik. Selain itu, juga dapat memiliki nilai tambah di mata masyarakat. Memang dapat dikatakan bahwa yang paling penting suatu organisasi memiliki Bidang Eksternal dan Internal, karena untuk mewujudkan keharmonisan antaranggota di dalamnya. Adanya Bidang Eksternal dan Internal juga dapat meningkatkan citra baik sehingga mendapat pandangan yang baik juga oleh pihak luar. (Bidang Eksternal dan Internal)