Penyambutan Wisuda dan Pendadaran



Penyambutan wisuda dan pendadaran merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pengurus Kabinet Angkasa, Himakom UPN “Veteran” Yogyakarta, khususnya Bidang Eksternal dan Internal. Tujuan diadakannya kegiatan ini ialah sebagai ajang untuk mengapresiasi demisioner Himakom maupun mahasiswa ilmu komunikasi yang telah menyelesaikan sidang skripsi ataupun menyelesaikan masa studinya di UPN “Veteran” Yogyakarta. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memotivasi para mahasiswa yang belum wisuda untuk bersemangat menyelesaikan kuliahnya.

Penyambutan wisuda dan pendadaran dilakukan dengan memberikan snack bouquet kepada demisioner Himakom yang telah melaksanakan wisuda maupun pendadaran. “Bedanya, kalau saat wisuda kita menyambut dan memberikan selamat kepada seluruh alumni Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta, tetapi kalau saat pendadaran kita memberikan selamat kepada demisioner Himakom, karena sifatnya lebih internal,” terang Fitri, Sekretaris Bidang Eksternal-Internal Himakom. Selain itu, Bidang Eksternal-Internal Himakom mewakili seluruh pengurus juga memberikan semangat kepada demisioner melalui personal chat pada hari sebelum pelaksanaan sidang skripsi atau pendadaran.

Akan tetapi, karena adanya pandemi Covid-19, seluruh kegiatan harus dilaksanakan secara daring. Hal ini termasuk pula pada pelaksanaan ujian pendadaran dan wisuda yang ada di UPN “Veteran” Yogyakarta. Penyambutan wisuda dan pendadaran tidak lagi dengan memberikan snack bouquet dan berkumpul bersama, melainkan diubah dengan memberikan ucapan melalui media sosial Himakom. “Kami bekerja sama dengan Bidang Komunikasi dan Informasi untuk membuat konten ucapan selamat pendadaran dan wisuda, yang nantinya akan diupload ke media sosial Himakom,” jelas Fitri.

Meskipun hanya secara online, pemberian ucapan melalui konten media sosial tetap perlu dilakukan. Hal ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada para alumni Ilmu Komunikasi, UPN “Veteran” Yogyakarta maupun para demisioner Himakom yang telah berhasil menyelesaikan masa studi mereka di tengah situasi yang cukup sulit. “Pemberian ucapan selamat, khususnya kepada demisioner Himakom, menjadi hal penting sebagai wujud penghargaan dan terima kasih kami para pengurus atas bekal ilmu yang telah diberikan dalam menjalankan organisasi,” pungkas Fitri. (Hanafiah Beno GAA)