Sharing Online Sowan Komunikasi



Selain memiliki program kerja untuk menerima kunjungan dari organisasi lain, Bidang Eksternal-Internal Himakom juga memiliki program kerja untuk melakukan kunjungan ke organisasi lain. Program kerja ini diberi nama Sowan Komunikasi, yang bertujuan untuk menjalin hubungan yang baik dengan organisasi lain, baik dalam lingkup internal UPN “Veteran” Yogyakarta maupun eksternal. Pada setengah periode Kabinet Angkasa, Himakom telah melakukan dua kali kunjungan. Kunjungan yang pertama dilaksanakan pada 6 Agustus 2020 bersama Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Komakom UMY), sedangkan kunjungan yang kedua dilaksanakan bersama Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (HMPSKom UAJY) pada tanggal 7 Agustus 2020.

Serangkaian acara yang dilakukan pada dua kunjungan tersebut tidak jauh berbeda. Acara dipandu oleh moderator dari Himakom UPN “Veteran” Yogyakarta dengan perkenalan kabinet dan anggotanya, sesi sharing program kerja, serta tanya-jawab dan diskusi antardivisi. Meskipun hanya dapat bertemu via daring, tetapi kegiatan Sowan Komunikasi dapat terlaksana dengan lancar. Masing-masing pengurus, baik dari Himakom, Komakom, maupun HMPSKom pun juga mengikuti setiap rangkaian acaranya dengan antusias.

Selain sharing program kerja dan tanya-jawab antardivisi, Himakom bersama Komakom maupun HMPSKom juga membahas mengenai pelaksanaan pengenalan kehidupan kampus (PKK) dari masing-masing himpunan. Pembahasan pelaksanaan PKK dari masing-masing himpunan, nantinya akan dijadikan referensi oleh Himakom untuk melaksanakan PKK di Program Studi Ilmu Komunikasi, UPN “Veteran” Yogyakarta, mengingat ini adalah kali pertama adanya pelaksanaan PKK secara daring.

Program kerja Sowan Komunikasi tidak hanya berhenti pada pembahasan perbedaan antara Himakom dengan Komakom, maupun Himakom dengan HMPSKom. Akan tetapi, melalui program kerja sowan komunikasi, masing-masing himpunan dapat saling berbagi ilmu dan pengalaman untuk dijadikan referensi dalam setiap melaksanakan program kerja. Meskipun dalam kondisi yang serba terbatas, tidak lantas menjadi penghalang untuk menjalankan kegiatan yang bertujuan baik, seperti Sowan Komunikasi. (Hanafiah Beno GAA)