Temu Virtual dengan Humman



Pandemi Covid-19 memang belum tuntas ataupun mendekati reda. Namun, mewabahnya virus baru itu tidak menghalangi Himakom untuk terus menjaga silaturahmi agar tidak terputus dengan himpunan mahasiswa lain sesama almamater. Munculnya media-media konferensi daring dimanfaatkan Himakom untuk beradaptasi selama pandemi agar dapat terus menjaga komunikasi antarpengurus, maupun luar pengurus.

11 September 2020, Himakom kedatangan kunjungan daring dari Humman (Himpunan Mahasiswa Manajemen) UPNYK. Merupakan kali pertama pula Himakom mendapat kunjungan secara non-tatap muka. Berlangsung di siang hari, pelaksanaan kegiatanpun berjalan seperti layaknya. Diawali dengan pengenalan kabinet serta para pengurus, kemudian dilanjut dengan sharing antardivisi dengan menggunakan sistem Breakout Room agar lebih fokus dengan divisi terkait.

Perbedaan paling mencolok dari kunjungan kali ini adalah bergantungnya kelangsungan acara pada koneksi internet yang memadai. “Jujur, sinyal dan koneksi mempengaruhi banget ke komunikasinya, dan bahan yang diobrolin jadi gak bisa sebanyak kunjungan offline karena terbatas waktu dan kuota,” ujar Jihan Hanindita, atau Anin, selaku Sekretaris 1 Kabinet Angkasa Himakom 2019/2020 ketika ditanya perihal apa  yang membedakan kunjungan kali ini dari kunjungan sebelumnya. 

Dengan segala keterbatasan yang ada, tentu tetap ada hal-hal maupun pelajaran baru yang telah didapat dari kunjungan daring kali ini serta ditanamkan baik di Himakom sendiri, dan juga Humman. Anin menyatakan, “Positifnya, mungkin kita lebih belajar ke perbedaan antara Himakom dan Humman. Jadi, bisa diterapin apa yang belum ada di Himakom, gitu.” (Rana Inas N)