Protect Your Mental Health During Quarantine



Sabtu, 16 Mei 2020 lalu Himakom UPN "Veteran" Yogyakarta melalui Divisi Penelitian dan Pengembangan mengadakan kegiatan Diskusi Media dan Literasi (Dimensi). Mengangkat topik "Protect Your Mental Health During Quarantine," Dimensi kali ini menghadirkan Renesa Balqis SR sebagai pembicara. Renesa merupakan relawan psikososial COVID-19, Universitas Gadjah Mada. Di tengah pandemi seperti sekarang, Dimensi tetap berjalan dengan lancar dan diadakan melalui live Instagram Himakom. Dengan moderator Muhammad Taufiq Budiman selaku staff Bidang Penelitian dan Pengembangan, melalui diskusi tersebut menghasilkan beberapa bahasan penting, antara lain:

  • Physical distancing berdampak pada psikologis manusia, seperti muncul rasa cemas, stres, insomnia, pikiran berlebih, gelisah, khawatir, dan bosan.
  • Pemberitaan media mengenai COVID-19 berpengaruh pada psikologi masyarakat. Berita yang merupakan informasi ini dapat menimbulkan efek negatif maupun positif terhadap emosi. Semakin tinggi tingkat paparan berita COVID-19 di media, semakin tinggi pula tingkat kecemasan yang ditimbulkan. Dengan demikian, kita harus bisa mengendalikan emosi kita. Selain itu, media juga bisa memberikan berita-berita baik yang ada, misalkan berita tentang bumi yang semakin membaik selama physical distancing.
  • Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengendalikan diri, antara lain:
  1. Pilih sumber yang terpercaya
  2. Mencari tau lebih lanjut
  3. Mengontrol diri kita dalam merespons berita tersebut untuk selalu berpikir positif
  • Rumus berpikir positif:
  1. S = Staying connected with others. Menjaga hubungan sosial secara online
  2. E = Express your feelings. Mengekspresikan pikiran yang selama ini tersimpan, misalnya dengan bercerita kepada teman, atau mengembangkan hobi yang dimiliki.
  3. C = Create the new routine. Membuat rutinitas yang bisa kita lakukan supaya hidup menjadi lebih terarah tanpa membandingkan rutinitas orang lain.
  • Layanan psikologi pemerintah: 119 lalu ketik angka 8.
  • Tips agar tetap santai menghadapi pemberitaan tentang pandemi:
  1. Relax akan apa yang terjadi di sekitar kita, misalnya dengan menerapkan teknik mengatur pola napas 4-7-8 (4 hitungan tarik napas, 7 hitungan tahan napas, dan 8 hitungan menghembuskan napas).
  2. Mengontrol suara hati ke arah yang positif. Menghargai proses keadaan ini terjadi dan tidak menghakimi keadaan.

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'imagick' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: