Wisuda From Home di Tengah Pandemi



Kondisi dunia saat ini sedang tidak kondusif akibat pandemi korona. Tercatat ada 65 negara yang terdampak pandemi korona, termasuk Indonesia. Hal ini mengakibatkan seluruh kegiatan dan akivitas manusia terhambat bahkan dibatalkan. Beberapa kegiatan besar yang dibatalkan, seperti kompetisi, acara kenegaraan, ataupun aktivitas keseharian seperti bekerja sampai berkuliah, tidak terkecuali acara wisuda.

Wisuda adalah upacara peneguhan atau pelantikan bagi seseorang yang telah menempuh pendidikan. Di tingkat perguruan tinggi, wisuda merupakan penanda kelulusan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar pada suatu universitas. Umumnya, prosesi seremonial wisuda diawali dengan masuknya senat universitas yang terdiri atas rektorpara pembantu rektor, dan dekan di tiap-tiap fakultas. Dalam menyelenggarakan wisuda, tiap perguruan tinggi memiliki periode penyelenggaraan yang tidak sama.

Akan tetapi, di tengah pandemi seperti sekarang, momen sakral tersebut tidak bisa dilaksanakan oleh para wisudawan UPN "Veteran" Yogyakarta periode April 2020. Pasalnya, agenda wisuda yang harusnya dilaksanakan pada tanggal 20 April 2020 di ruang Auditorium Kampus 1, UPN "Veteran" Yogyakarta terpaksa dibatalkan dan diganti menjadi wisuda online. Kegiatan wisuda dilaksanakan oleh para mahasiswa dan senat universitas di rumah masing-masing. Hal ini mengingat bahaya Covid-19 dan merujuk pada Surat Edaran Menteri Kesehatan No. 202 Tahun 2020 Tentang Protokol Isolasi Diri Covid-19  dan Permenkes No. 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019.

"Sedih karena tidak ada kegiatan seremonial wisuda seperti biasanya, karena ini salah satu momen yang aku tunggu. Menurutku, wisuda itu ibarat momen perpisahan dengan dunia kampus, sama momen untuk berkumpul dengan keluarga dan teman-teman," ujar salah seorang wisudawan dari Program Studi Ilmu Komunikasi, UPN "Veteran" Yogyakarta. Meskipun demikian, ia paham dengan kondisi saat ini, sehingga prosesi seremonial wisuda tidak bisa diselenggarakan. Ia juga memilih fokus melanjutkan karirnya dengan mencari pekerjaan setelah lulus kuliah.

Sebagai alternatif agenda wisuda offline yang dibatalkan, pihak kampus memilih untuk melaksanakan Wisuda From Home. Hal ini sebagai siasat untuk tidak mengacaukan jadwal agenda wisuda yang dalam setahun dilaksanakan empat kali. Wisuda from home pun dilaksanakan menggunakan platform online, seperti meeting conference yang memungkinkan seluruh peserta wisuda tetap melaksanakan prosesi wisuda dengan tempat dan suasana yang berbeda pastinya.

Dengan adanya wisuda from home, walaupun menghilangkan kesakralan agenda wisuda seperti biasanya, namun para mahasiswa sebenarnya telah sukses menjadi sarjana yang siap untuk terjun ke masyarakat. Dengan tidak adanya wisuda, jangan sampai menghilangkan semangat untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah dienyam dari dunia akademik ke dunia profesional dan masyarakat.

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'imagick' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: