Let's Get More on Hire 2020



Let’s get more…. together!”, begitulah bunyi tagline yang rutin disorakkan seluruh pengurus Kabinet Angkasa beserta demisioner Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himakom) UPN "Veteran" Yogyakarta setiap memulai dan mengakhiri kegiatan Himakom Regeneration 2020. Himakom Regeneration atau yang lebih akrab disebut Hire telah selesai dengan sukses untuk kepengurusan periode 2019/2020. Seluruh rangkaian kegiatan HIRE diselenggarakan sejak tanggal 24 Februari hingga 1 Maret 2020, bertempat di Laboratorium Public Relations Kampus II UPNYK dan Villa Millenium, Kaliurang. 

Sebelum menyusuri perjalanan seraya mengemban tanggung jawab selama satu periode kedepan, sebuah organisasi pastinya membutuhkan sinergitas antarelemen yang terkandung di dalamnya. Dengan demikian, apa pun yang telah dituju bersama dapat terwujud dengan sempurna. Sama halnya dengan Himakom, Hire yang dimaknai sebagai gerbang awal untuk berproses. Sinergitas antardivisi yang dibutuhkan dapat terbentuk melalui kegiatan-kegiatannya yang berupa pembekalan ilmu dan pelatihan terkait divisi-divisi yang ada di Himakom. Tak hanya itu, momen-momen kebersamaan yang terjalin antarpengurus selama penyelenggaraan acara juga menyatukan rasa kekeluargaan sebagai satu organisasi. Dengan terselenggaranya Hire 2020, diharapkan dapat menumbuhkan jiwa yang berani, senang mengkritisi, serta selalu bertanggung jawab dalam pribadi tiap pengurus Himakom 2019/2020. 

Di hari pertama, rangkaian acara yang bertempat di Laboratorium Public Relations Kampus II UPN "V" YK diawali dengan pelatihan gabungan dari Divisi Advokasi dengan Divisi Eksternal-Internal. Hari kedua, materi Hire 2020 diisi oleh Divisi Minat dan Bakat serta Divisi Kewirausahaan. Para pembicara merupakan alumni pengurus Himakom dari divisi terkait. Di Hari ketiga, diisi dengan pembekalan organisasi kemahasiswaan oleh Bapak Asep Saepudin selaku Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPN "V" YK. Kehadiran teman-teman dari Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Ilmu Komunikasi turut meramaikan jalannya materi. Selain Pak Asep, ada pula materi dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP UPN "V" YK. Hari selanjutnya, pembekalan materi Hire 2020 diakhiri oleh gabungan dari Divisi Komunikasi dan Informasi dengan Divisi Penelitian dan Pengembangan.  

“Dengan kegiatan pembekalan divisi menurut saya sudah cukup sekali untuk menambah ilmu, dengan menghadirkan demisioner-demisioner terdekat dan ilmunya yang masih sangat relevan dengan apa yg bakal dijalani di periode ini, pembekalan itu sudah sangat baik untuk gambaran menjalani periode sekarang,” terang Agung Baskara, ketua pelaksana Hire 2020.

Acara puncak rangkaian kegiatan Hire 2020 adalah upgrading dan pengukuhan pengurus Himakom 2019/2020. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari satu malam di Villa Millenium, Kaliurang. Kegiatan menginap ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada para pengurus akan pentingnya membangun kerja sama dan koordinasi yang bagus antarelemen di Himakom. Selain itu, materi yang telah disampaikan diharapkan mampu menjadi dasar-dasar yang menjadi pijakan Himakom. Kegiatan menginap Hire 2020 dimulai dengan pemaparan visi misi ketua himpunan, Ricky Arista, dan materi selengkapnya mengenai Kabinet Angkasa. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, lalu diselingi games kecil-kecilan sebagai penghibur. 

Kemudian, masuk ke sesi Focus Group Discussion yang diperuntukkan bagi seluruh pengurus. Dipimpin oleh salah satu alumni, Mas Seto, di mana para pengurus dibagi menjadi beberapa kelompok secara acak. Tiap-tiap kelompok diminta untuk mendiskusikan dan mencari penyelesaian untuk beberapa permasalahan yang berkenaan dengan Himakom. Kegiatan berikutnya diisi dengan pengukuhan pengurus, bakar-bakaran bersama dan sharing alumni secara santai. Selain agar para pengurus dapat bebas mengatasi rasa keingintahuannya dengan berdiskusi lebih jauh, kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan dapat mempererat relasi dan meningkatkan rasa kekeluargaan antar pengurus dengan alumni. 

“Partisipasi para pengurus sangat aktif saat acara puncak. Ketika ada focus group discussion yang dipandu demisioner mereka pun ikut andil dalam urun pemikiran dan pendapat. Ketika free time pun para pengurus bisa membaur dengan demisioner dan juga KSM-KSM yang ikut datang ke acara tersebut,” ujar Agung.

Hingga sampai di penghujung acara, goals akhir yang diharapkan dari pelaksanaan Hire 2020 pun terlihat sudah terealisasikan. Tak lupa, Agung menyelipkan segelintir pesan untuk jajaran pengurus yang bertanggung jawab akan jalannya Himakom sekarang. “Selalu semangat, jaga selalu keluarga kita, nama baik Himakom dan Kabinet Angkasa, saling support. Karena nantinya rasa bosan, capek, malas itu pasti ada, naik turun ritme di organisasi itu biasa. Jadi ya, dinikmati aja dan enjoy it,” pungkas Agung. (Rana)

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'imagick' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: