Semangat Memfasilitasi Minat dan Bakat Mahasiswa



Suasana malam pada Jumat, 1 Februari 2019 lalu di sekitaran Sport Academy, Babarsari terlihat ramai oleh para pengunjung yang kebanyakan adalah anak remaja. Suasana kala itu pun dipenuhi dengan keramaian para mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta.

Terdengar suara keriuhan dari dalam Sport Academy, Babarsari. Ternyata itu adalah seruan para mahasiswa kepada teman-teman angkatan mereka yang sedang melakukan pertandingan futsal. Pertandingan hari itu adalah momen Satu Komunikasi yang digelar oleh Himakom UPN “Veteran” Yogyakarta.

Satu Komunikasi Futsal diikuti oleh para mahasiswa Ilmu Komunikasi angakat 2015, 2016, 2017, dan 2018. Pemenang pada final kompetisi Satu Komunikasi Futsal diraih oleh tim futsal dari angkatan 2017.

Ketua Panitia Satu Komunikasi, Cical memaparkan kegiatan ini pertama kali diselenggarakan dan terus dilaksanakan setiap satu bulan sekali. Jenis perlombaan yang diadakan selalu berbeda setiap bulannya, tetapi masih dalam bidang olahraga dan seni.

Melihat antusiasme para mahasiswa yang cukup tinggi pada perlombaan futsal, di bulan berikutnya Satu Komunikasi hadir lagi dengan perlombaan berbeda. Sabtu, 9 Maret 2019, Satu Komunikasi mengususng kompetisi basket.

Berbeda dengan Satu Komunikasi sebelumnya, kompetisi kali ini hanya diikuti oleh tiga angkatan, yaitu 2016, 2017, dan 2018. Setelah melewati pertandingan yang cukup sengit, keluarlah angkatan 2016 sebagai juara pertama untuk tim basket putra dan putri.

Tidak berhenti sampai di situ saja, kemeriahan Satu Komunikasi kembali berlanjut pada bulan April 2019. Menutup kompetisi terakhir sebelum ujian semester gasal, Satu Komunikasi menghadirkan perlombaan e-sport PUBG. Sama dengan Satu Komunikasi futsal, kompetisi PUBG juga diikuti oleh angkatan 2015, 2016, 2017, dan 2018.

Pemenang Satu Komunikasi PUBG jatuh kepada tim dari angkatan 2017 yang beranggotakan Andre, Cahyo, Chandra, dan Marcel. Keempat pemain tersebut kemudian ditunjuk untuk mewakili Ilmu Komunikasi bertanding dalam kompetisi PUBG yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI) Yogyakarta.

RESPONS POSITIF

Melihat kesuksesan acara Satu Komunikasi setiap bulannya serta antusias para peserta dan pendukung dari seluruh elemen Ilmu Komunikasi, Cical mengatakan, kedepannya tentu ada rencana diadakan Satu Komunikasi lagi, melihat semangat para mahasiswa tiap menyambut Satu Komunikasi sebelumnya.

Untuk kedepan, Divisi Minat dan Bakat akan terus mencari tahu minat dan bakat para mahasiswa Ilmu Komunikasi. Divisi Minat dan Bakat juga akan semaksimal mungkin memfasilitasi para mahasiswa menyalurkan minat dan bakat mereka, khususnya dalam bidang seni dan olahraga. Selain itu, diharapkan tujuan diselenggarakannya Satu Komunikasi sebagai wadah mempersatukan dan mengakrabkan para mahasiswa lintas angkatan dapat terwujud. (Rahma)