GET TOGETHER, BE FAMILY



Berangkat dari keresahan sepasang kepala paling tinggi dalam jajaran Kabinet Samara, Himakom Regeneration akhirnya sukses dilaksanakan pada kepengurusan periode 2018/2019. Keresehan Fairus dan Ali, sebagai Ketua dan Sekretaris Jendral (Sekjend) tentang sistem gerbang masuknya para calon-calon pengurus Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi. Mereka berdua beserta para kepala divisi dalam kabinetnya, seolah memang senada menganggap bahwa selama ini rangkaian calon pengurus untuk akhirnya menjabat dan menjalankan perannya kuranglah efektif. Jika Himakom sebuah keluarga, maka keluarga yang baik dan harmonis tidak akan dapat terwujud secara tiba-tiba tanpa sebuah proses panjang di dalamnya.

Bimbingan, ilmu, pelajaran, dan momen perlu dimiliki calon pengurus untuk akhirnya mendapatkan hak dan menjalankannya kewajibannya, hingga terciptalah sebuah keluarga Himakom. Keluarga yang harmonis dan fungsional, baik secara internal maupun eksternal. Keresahan dan harapan tersebutlah yang akhirnya melahirkan Hire, Himakom Regeneration. Hire diselenggarakan sejak tanggal 4 sampai 10 Februari 2019. Acara ini sering dianggap sebagai LDK pengurus. Namun, lebih dalamnya lagi, Hire dapat dimaknai sebagai pintu gerbang, sebuah fase pembuka, proses yang harus dilewati, dan dijalankan bersama oleh pengurus di Kabinet Samara.

Membawa tagline “Get Together, Be Family”,harapannya melalui acara ini seluruh pengurus Himakom sadar bahwa untuk mengarungi satu periode, pengurus bekerja dan menjalankan perannya tidak secara individu namun bersama-sama, layaknya sebuah keluarga. Pengurus Himakom bukan hanya rekan kerja namun juga menjadi keluarga satu sama lain. Berjuang bersama melaksanakan segala kewajiban sebagai pengurus.

Hire terdiri atas serangkaian acara, dimulai dengan pelatihan yang diadopsi dari divisi-divisi yang ada di Himakom. Advokasi, Minat Bakat, Kewirausahaan, Penelitian dan Pengembangan, Eksternal Internal, hingga divisi baru yaitu Komunikasi dan Informasi (KOMINFO). Bertempat di Laboratorium Public Relation Kampus II UPNVYK, pelatihan divisi ini diisi oleh para alumni pengurus Himakom sesuai bidangnya masing-masing. Selain pelatihan divisi, juga ada pelatihan tentang pendananan organisasi kampus, yang diisi oleh Asep Saepudin, selaku Wakil Dekan 3 FISIP UNVYK, pada hari pertama acara. Pelatihan tentang pendanaan ini juga mengundang para Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) di Ilmu Komunikasi.

“Melalui pelatihan ini, harapannya dapat memberikan gambaran dan bekal awal bagi para calon pengurus tentang bagaimana seluruh divisi yang ada di Himakom. Bagaimana sistem kerjanya, apa fungsi dan manfaatnya, apa kendala dan bagaimana penyelesainnya, hingga inovasi-inovasi baru dalam sebuah divisi yang memungkinkan dapat diciptakan di kepengurusan nanti,” jelas Ali Farhan Qutb, selaku sekjend, sekaligus Ketua Acara Himakom Regeneration.

Rangkaian acara Hire selanjutnya ditutup dengan kegiatan menginap bersama oleh pengurus, beberapa alumni, dan pengisi materi, di salah satu villa di Kaliurang. Pada rangkaian terakhir, acara lebih bertujuan pada penanaman dasar Himakom, dimulai dengan penyatuan visi dan misi Fairus sebagai ketua himpunan dalam periode Kabinet Samara dengan para pengurus. Sesi ini dilaksanakan dengan cara Forum Group Discussion (FGD). Pengurus dibagi ke dalam beberapa kelompok dan diminta untuk menyelesaikan permasalahan bersama, hingga akhirnya dipresentasikan pada kelompok lain. Harapannya, seluruh pengurus memahami visi-misi Kabinet Samara, dan tentu dapat mengimplementasikannya dengan baik.

Rangakain selanjutnya, pengurus Himakom melakukan sesi sharing bersama para alumni. Pertama, bersama-sama tentang materi Himakom secara umum, yang kedua adalah diskusi perdivisi bersama para alumni di bidangnya masing-masing. Di dalam sesi ini, pengurus bisa berdisuksi dan belajar lebih dalam sesuai divisi yang diembannya.

Tidak hanya materi dan diskusi, acara puncak dari Hire ini juga diisi dengan rangkaian yang menyenangkan dan cenderung santai. Seluruh peserta dan alumni menikmati acara perkenalan, api unggun, bakar-bakaran, dan obrolan santai. Di pagi harinya, peserta diajak berolahraga dan ada sesi games bersama para alumni. Tujuannya selain untuk bersenang-senang, juga untuk membangun rasa kekeluargaan pada Himakom. Baik sesama pengurus Kabinet Samara maupun dengan para alumni.

Belajar, mencari bekal, dan bersenang-senang bersama, tentu menjadi momen sekaligus pembuka yang sangat berkesan bagi para pengurus Himakom 2018/2019. Acara ini mendapatkan respons yang sangat positif dari para peserta, salah satunya Nabila Alvina, pengurus Kabinet Samara Divisi Kewirausaahaan. “ Senang sekali, ini tahun keduaku dalam Himakom, dan tambah semangat karena ada Hire ini. Pastinya banyak sekali ilmu yang aku dapat, terus seru juga nginep, belajar, main bersama teman-teman yang besok bakal berjuang bareng di Himakom,” ungkapnya.

Himakom Regeneration sebagai pijakan awal untuk membangun Himakom yang lebih baik telah sukses dilaksanakan. “Membuat acara yang benar-benar sempurna kan pasti tidak mungkin. Hire, pasti masih banyak kekurangannya. Namun, sebagai acara pertama yang tercipta. Sebagai pijakan baru, langkah awal, ya yang penting manfaat dan makna acara ini cukup tersalurkan dengan baik,” jelas Ali Farhan Qutb ketika ditanya apakah acara Hire sudah mencapai target. “Di Kabinet Samara ini kami memulai, tentu kami berharap Hire bisa menjadi pintu gerbang pula untuk kepengurusan selanjutnya. Berharap agar acara semacam ini tetap dilanjutkan dengan yang lebih baik, tentu untuk Himakom yang semakin baik pula,” tutupnya. (Sinta)